LAPORAN
KKN-PPL TERPADU UNM ANGKATAN IX
SMP NEGERI 3 GALESONG UTARA
TAHUN AJARAN 2014/ 2015
Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Kelulusan
Mata Kuliah Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)
Kepada UPPL Universitas Negeri Makassar
Oleh :
RAHMAT HIDAYATULLAH
1182040133
PENDIDIKAN SENDRATASIK
FAKULTAS SENI DAN DESAIN
UPT
PPL
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2014
KATA PENGANTAR
UNIT PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN
(UPPL)
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2014
LEMBAR PENGESAHAN
Laporan Praktek
Pengalaman Lapangan (PPL) oleh mahasiswa Universitas Negeri Makassar di SMP Negeri
3 Galesong Utara Desa Bontosunggu Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar
Tahun ajaran 2014/2015 yang dinyatakan diterima dan disahkan.
Yang melaksanakan kegiatan ini :
Nama :
RAHMAT
HIDAYATULLAH
NIM :1182040133
Jurusan :
Pendidikan Sendratasik
Fakultas :
Seni dan Desain
Takalar, 7 November 2014
Disahkan
oleh
Dosen
Pembimbing Guru
Pamong
Drs.H. Ali
Ahmad Muhdy, M.Pd DRS. H. ASRI
NIP. 19560504
198303 1 003 NIP.
19590909 098110 1004
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Galesong Utara
Abd. Rauf, S.Pd.,M.Si
NIP. 19730208 199802 1 003
HALAMAN PENILAIAN
Berdasarkan pengamatan
terhadap pelaksanaan observasi dan orientasi di sekolah terutama :
1. Disiplin
dalam menjalankan tugas
2. Kelancaran
aktivitas mahasiswa dalam melakukan tiap-tiap kegiatan sesuai petunjuk pamong
dan dosen pembimbing
3. Kuantitas
dan kualitas kegiatan yang ditulis dalam pencatatan ini.
Maka dosen pembimbing
dan guru pamong memberikan nilai pada kegiatan ini sebagai berikut :
Angka Huruf
Takalar, 6 November 2014
Dosen Pembimbing Guru Pamong
Drs.H. Ali Ahmad Muhdy, M.Pd Drs. H.
Asri
NIP. 19560504 198303 1 003 NIP.
195909091981101004.
Mengetahui,
Kepala
SMP
Negeri 3 Galesong Utara
Abd.
Rauf, S.Pd. M.Si.
NIP.197302081998021003
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr.Wb.
“Orang yang
bersungguh-sungguh dalam mengerjakan setiap pekerjaan, insyah allah diberikan
kemudahan dan kelancaran baginya”
Puji syukur penulis panjatkan
kehadirat Allah SWT.
atas segala limpahan rahmat dan rahim-Nya sehingga Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan
pelaksanaan program pengalaman lapangan (PPL) ini dapat diselesaikan. Shalawat
serta Salam penulis haturkan kepada junjungan kita Nabiullah Muhammad Saw.
dengan ajaran yang beliau sehinnga sampai saat ini kita masih mampu membedakan
mana yang hak dan bati. serta semoga tetap tercurah rahmatnya kepada
keluarganya, sahabat, dan bahkan sampai kepada kita semua ummatnya yang tetap
taat kepada ajaran beliau.
Laporan ini dapat diselesaikan
berkat bantuan dari berbagai pihak selama pelaksanaan PPL, utamanya guru
pamong, guru mata pelajaran yang selalu memberikan bimbingan selama pelaksanaan
PPL, maka penulis menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang
setinggi-tingginya kepada:
1.
Allah SWT yang telah
memberikan kehidupan, keselamatan, kekuatan, dan kesehatan baik jasmani dan rohani.
2.
Unit Pengelola
Pengalaman Lapangan (UPPL) Universitas Negeri Makassar yang telah memberikan
kesempatan kepada saya untuk memprogramkan mata kuliah KKN dan PPL.
3.
Bapak Drs. H. Ali Ahmad Muhdy, M.Pd selaku
dosen pembimbing KKN-PPL Terpadu yang telah memberikan
bekal dan pengarahan sebelum melaksanakan PPL di
sekolah-sekolah yang ditunjuk.
4.
Bapak
Abd. Rauf, S.Pd.,M.Si selaku kepala
sekolah SMP Negeri 3 Galesong Utara yang telah menerima kami dengan penuh
kecintaan serta membantu dan mengarahkan kami dalam melaksanakan program kerja.
5. Bapak, DRS. H. Asri selaku guru pamong yang telah membimbing saya dalam pelaksanaan PPL ini.
6.
Bapak
Samsuardi, S.Sos selaku kepala tata
usaha yang tak pamrih untuk membantu dan membimbing dalam mengerjakan setiap
pekerjan.
7.
Bapak/Ibu
guru SMP Negeri 3 Galut yang telah memberikan dukungan berupa motivasi kepada
penulis dalam mengerjakan aktivitas di sekolah dan menerima kami seperti keluarga sendiri.
8.
Bapak/Ibu
staf tata usaha SMP Negeri 3 Galut yang telah membantu penulis dalam
mengerjakan tugas sebagai tenaga pengajar.
9.
Ayah, Ibu serta keluarga, terima kasih atas doa dan dukungannya selama KKN-PPL
Terpadu ini.
10. Rekan-rekan mahasiswa KKN-PPL Terpadu UNM Angkatan IX yang
turut membantu penulis baik secara langsung maupun tidak langsung.
11. Ibu murni Spd dan sekeluarga yang telah ikhlas menerima
kami dan memberikan tempat tinggal
selama menjalani proses kkn-ppl
12. Semua
pihak yang telah memberikan bantuan selama ini yang tidak sempat disebutkan
satu persatu
Semoga segala amal kebaikan dan kerelaannya membantu dalam proses belajar
di masyarakat serta berbagai macam kegiatan selama pelaksanaan program kegiatan
KKN-PPL Terpadu mendapat Ridho dan balasan dari Allah SWT.
Penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh
karena, itu segala kritik dan saran dari pembaca dan masyarakat yang sifatnya
membangun diterima dengan senang hati, demi kesempurnaan dan kemajuan bersama.
penulis berharap semoga laporan ini berguna bagi pembaca pada umumya dan
masyarakat khususnya. Amin
Wassalamualaikum Wr.Wb.
Takalar, 7 November 2014
Mahasiswa
PPL
Rahmat hidayatullah
Nim. 1182040133
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL----------------------------------------------------------------
i
HALAMAN PENGESAHAN ------------------------------------------------------ ii
HALAMAN PENILAIAN
------------------------------------------------------------------ iii
KATA PENGANTAR -------------------------------------------------------------- iv
DAFTAR ISI ------------------------------------------------------------------------ vi
DAFTAR TABEL ------------------------------------------------------------------- viii
DAFTAR LAMPIRAN ------------------------------------------------------------- ix
BAB I PENDAHULUAN ---------------------------------------------------------- 1
A. Latar
Belakang ------------------------------------------------------------------- 1
B. Tujuan
---------------------------------------------------------------------------- 3
C. Manfaat
-------------------------------------------------------------------------- 3
D. Sasaran
--------------------------------------------------------------------------- 4
BAB
II GAMBARAN UMUM ---------------------------------------------------- 5
A. Deskripsi
Lokasi ----------------------------------------------------------------- 5
B. Masalah
Umum Lokasi ---------------------------------------------------------- 11
C. Identifikasi
Masalah ------------------------------------------------------------- 12
D. Bentuk
Program dan Targer Minimal yang akan dicapai pada masing-masing bidang 14
BAB
III PELAKSANAAN PROGRAM DAN HASIL --------------------------- 16
A. Hasil
Pelaksanaan Program pada masing-masing bidang ------------------------ 16
B. Faktor
pendukung dan penghambat --------------------------------------------- 18
C. Masalah
dan alternatif pemecahan masalah ------------------------------------- 19
D. Pembahasan
masalah program kerja dan hasil yang dicapai secara analisis ----- 19
BAB
IV KESIMPULAN ----------------------------------------------------------- 26
A. Kesimpulan
---------------------------------------------------------------------- 26
B. Saran-saran
----------------------------------------------------------------------- 26
DAFTAR TABEL
2.1 Tabel nama kepala sekolah dan wakil kepala
sekolah ----------------------- 6
2.2
Tabel nama wali kelas ------------------------------------------------------- 6
2.3 Tabel nama guru bidang studi ----------------------------------------------- 7
2.4 Tabel nama guru BP/BK ---------------------------------------------------- 8
2.5 Tabel nama kepala urusan --------------------------------------------------- 8
2.6 Tabel nama staf tata usaha -------------------------------------------------- 9
2.7 Tabel nama bendahara ------------------------------------------------------ 9
2.8 Tabel nama laboran ---------------------------------------------------------- 9
2.9 Tabel nama pustakawan ----------------------------------------------------- 10
2.10 Tabel nama satpam --------------------------------------------------------- 10
2.11 Tabel nama cleaning servis ------------------------------------------------- 10
2.12 Tabel
keadaan siswa ------------------------------------------------------ 10
DAFTAR LAMPIRAN
A. Struktur
Organisasi KKN-PPL Terpadu UNM Angkatan IX ------------------- 28
B. Biodata
Penulis ------------------------------------------------------------------ 29
C. Jurnal
Kegiatan KKN-PPL Terpadu --------------------------------------------- 30
D. Dokumentasi
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ---------------------------- 38
E. Jadwal
Pelaksanaan Program Kerja ---------------------------------------------- 45
Rencana pelaksanaan
pembelajaran ---------------------------------------------------
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
belakang
Pendidikan
adalah suatu proses pendewasaan manusia menuju manusia yang lebih berkarakter
(manusiawi). Karakter yang dimaksud adalah manusia yang mampu membedakan antara
yang hak dan yang batil. Namun dikalangan manusia saat ini karakter itu jauh
dari kenyataan. Pendidikan keluarga
sebagai pembentukan pertama karakter manusia tidak sejalan dengan kodratnya,
karena saat ini kebanyakan orang tua belum memahami kodratnya sebagai orang
tua. Sehingga pendidikan keluarga
tidak berjalan/berlangsung dengan optimal.
Pendidikan
sekolah sebagai kelanjutan dari pendidikan keluarga, begitu besar peranannya
dalam melanjutkan dan membentuk karakter peserta didik. Oleh karena itu,
tanggung jawab sekolah begitu besar
dalam menanamkan karakter peserta didik sejak dini. Sehingga pendidikan
sekolah harus betul-betul di fungsikan melalui program sekolah yang berkualitas
dengan selalu mengikuti perkembangan zaman.
Selanjutnya
pendidikan masyarakat sebagai tempat untuk mengimplementasikan dan menilai
karakter dari hasil produksi sekolah. Oleh karena itu, masyarakat harus jelih
dan tanggap terhadap produksi sekolah sehingga apa yang diharapkannya dapat
dimanfaatkan denga optimal. Sehingga hasil dari pendidikan sekolah, mampu
membawa keluarga dan masyarakat menuju ke suatu tujuan hidup yang sejahtera.
Dari
ketiga pusat pendidikan itu, harus berjalan dengan optimal dan sejalan dengan
kodratnya yaitu sama-sama membentuk karakter. Dengan adanya kemajuan ilmu
pengetahuan dan teknologi yang kian waktu kian berkembang, memaksakan kita
semua untuk mengikuti kemajuan tersebut. Salah satunya adalah pelaksanaan
program KKN-PPL Terpadu, dimana program ini menggabungkan antara kkn dengan ppl
sehingga menjadi keuntungan bagi mahasiswa untuk cepat menyelesaikan program
studinya.
Salah
satu tempat pelaksanaan KKN-PPL Terpadu UNM Angkatan IX adalah SMP Negeri 3
Galesong Utara tepatnya di Desa Bontosunggu Kecamatan galesong Utara Kabupaten
Takalar. Disekolah
tersebut saya mengabdi dan mengimplementasikan ilmu yang saya peroleh dibangku
kuliah.
B. Tujuan
Dari
pemaparan latar belakang diatas, dapat kita tarik tujuan pelaksanaan Program
Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Makassar adalah sebagai berikut:
1. Untuk
membentuk watak mahasiswa menjadi calon tenaga pendidik dan kependidikan yang kompeten dan terampil dalam melaksanakan
tugasnya.
2. Untuk
dapat membandingkan antara teori yang didapat dibangku kuliah dengan praktek
yang ada dilapangan.
3. Untuk
membentuk watak mahasiswa yang mampu mengenali dan memecahkan masalah yang ada
dilapangan sehingga menjadi pelajaran yang nantinya dapat menjadi bekal untuk
kedepannya.
C. Manfaat
Adapun
manfaat dari pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri
Makassar adalah sebagai berikut :
1. Bagi
sekolah
·
Membantu dalam
masalah administrasi
·
Sebagai perantara
dalam membantu guru, dalam proses belajar mengajar.
·
Membantu
sekolah dalam mengembang ekstra kulikuler, dalam mengembang potensi minat dan
bakat siswa
2.
Bagi mahasiswa
·
Memberikan
pengalaman lapangan dalam hal proses belajar mengajar pada peserta didik smp 3
galesong utara
·
Sebagai wadah
pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya tentang seni budaya atau seni drama
tari dan musik
·
Membentuk pola
pikir yang lebih dewasa dan membuka wawasan baru tentang pendidikan seni budaya
·
Membentuk karakter
dan kedisiplinan
3.
Bagi jurusan
·
Sebagai wadah dalam
mengembangkan jurusan pendidikan seni
drama tari dan musik (sendrtasik)
·
Sebagai wadah
pengenalan potensi dan kemampuan jurusan pendidikan sendratasik di mata
masyarakat dan sekolah
D. Sasaran
adapun
sasaran dari pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL) adalah saya ditempatkan sebagai tenaga pengajar seni
budaya di kelas VIII yang berbasis kurikulum 2013, dan mengembangkan minat dan
bakat siswa dalam bidang seni dan olahraga dalam kekegiatan ekstrakulikuler smp 3 galesong utara
BAB II
GAMBARAN UMUM
A. Deskripsi Lokasi
SMP
Negeri 3 Galesong Utara berdomisili di Jl. Pendidikan No. 1 Ballapparang,
kelurahan Bontosunggu, Kec. Galesong Utara, kabupaten Takalar, Provinsi
Sulawesi Selatan, yang secara geografis terletak di jalan poros menuju kota
Kecamatan Galesong Utara dan menuju ke Kota Makassar, serta mudah dijangkau
dari segala arah melalui banyak alat transportasi.
1. Identitas sekolah
Nama sekolah :
SMP Negeri 3 Galesong Utara
No. Statistik :
20.1.1904.06.003
Kode Pos :
92255
Telepon :
085242857840
Provinsi :
Sulawesi Selatan
Desa :
Bontosunggu
Kecamatan :
Galesong Utara
Kabupaten :
Takalar
Tahun berdiri :
2010
Status sekolah : Negeri
Letak sekolah :
Desa
2. Visi dan misi sekolah
Visi
: berakhlak mulia, cerdas yang didasari iman dan taqwa
serta ilmu pengetahuan dan teknologi.
Misi
1. Mewujudkan kegiatan belajar secara efektif
dan efesien sehingga siswa dapat berkembang secara optimal.
2. Mewujudkan semangat kompetitif kepada seluruh
warga sekolah.
3. Mewujudkan siswa yang mampu mengenali potensi
dirinya.
4. Mewujudkan penghayatan terhadap ajaran agama
yang dianutnya.
5. Mewujudkan rasa cinta terhadap budaya lokal.
3. Kepala sekolah dan Wakil kepala sekolah
No.
|
Nama
|
Jabatan
|
1.
|
Abd. Rauf, S.Pd.,M.Si
|
Kepala sekolah
|
2.
|
Drs. H. Asri
|
Wakil kepala sekolah
|
4. Wali kelas
No.
|
Nama Guru
|
Kelas
|
1.
|
Misnawati, S.Pd
|
VII.A
|
2.
|
Dra. Nurfaedah
|
VII.B
|
3.
|
Nur Intang, S.Pd
|
VII.C
|
4.
|
Hernah, S.Pd
|
VII.D
|
5.
|
Asma, S.Pd
|
VIII.A
|
6.
|
Salma, S.Pd
|
VIII.B
|
7.
|
Marwati, S.Pd
|
VIII.C
|
8.
|
Murniati, S.Pd
|
IX.A
|
9.
|
Hj. Gusnawatya, S.Pd
|
IX.B
|
10.
|
Usman, S.Pd
|
IX.C
|
5. Guru bidang studi
No.
|
Nama Guru
|
Mata Pelajaran
|
1.
|
Abdul Rauf, S.Pd.,M.Si
|
Matematika
|
2.
|
Drs. H. Asri
|
Seni Budaya
|
3.
|
Syakhrir, S.Pd
|
Matematika
|
4.
|
Nur Priyanto, S.Pd
|
IPA Terpadu
|
5.
|
Abd. Wahid, S.Pd
|
Bahasa Indonesia
|
6.
|
Dra. Nurfaedah
|
Matematika
|
7.
|
Misnawati, S.Pd
|
PKN
|
8.
|
Hj. Gusnawatya, S.Pd
|
IPS Terpadu
|
9.
|
Zainal Kaharuddin, S.Pd.,M.Kes
|
Penjaskes
|
10.
|
Nur Intang, S.Pd
|
PKN
|
11.
|
Asma, S.Pd
|
Bahasa Inggris
|
12.
|
Marwati, S.Pd
|
Pendais dan IPS
|
13.
|
Murniati, S.Pd
|
Seni Budaya
|
14.
|
Sirajuddin, S.Pd
|
IPS Terpadu
|
15.
|
Hamsinarwati, S.Pd
|
IPA Terpadu
|
16.
|
Abdul Wahid, S.Pd
|
IPA Terpadu
|
17.
|
Hatijah, S.Pd
|
Bahasa Indonesia
|
18.
|
Nurlina, S.Pd
|
Mulok
|
19.
|
St. Nuraeni, S.Ag
|
Pendais
|
20.
|
Nur Hikmawati, S.Pd
|
Bahasa Indonesia
|
21.
|
Hartati, S.Pd
|
Prakarya
|
22.
|
Herna, S.Si
|
Prakarya
|
23
|
Saprilwadi, S.Pd
|
TIK
|
24.
|
Salma, S.Pd
|
Prakarya
|
25.
|
Usman, S.Pd
|
Bahasa Inggris
|
26.
|
St. Ramlah
|
Pendais
|
27.
|
Sahariah
|
Matematika
|
28.
|
Kasmawati, S.Pd
|
Pendais
|
29.
|
Rita Purnama, S.Pd
|
Bahasa Indonesia
|
30.
|
Nurul Inayah, S.Pd
|
Bahasa Inggris
|
31.
|
Salmiah, S.Pd
|
Bahasa Indonesia
|
32.
|
Khapsari Prayanti, S.Pd
|
Bahasa Inggris
|
33.
|
Jamaluddin, S.Pd
|
Mulok
|
34.
|
Paturungi, S.Pd
|
Pembina Pramuka
|
35.
|
Suardi M, S.Pd
|
Pembina Pramuka
|
36.
|
Sukadiningsih, S.Pd
|
BP
|
6. Guru BP/BK
No.
|
Nama
Guru
|
Kelas
bimbingan
|
Jumlah siswa
|
1.
|
Sukadiningsih, S.Pd
|
VII.A,B,C,D
|
96
iswa
|
2.
|
Kasmawati, S.Pd
|
VIII.A,B,C
|
79
iswa
|
3.
|
St. Ramlah
|
IX.A,B,C
|
76
iswa
|
7. Kepala urusan
No.
|
Nama
Guru
|
Bagian Urusan
|
1.
|
Syakhrir, S.Pd
|
Kurikulum
|
2.
|
Zainal Kaharuddin, S.Pd.,M.Kes
|
Kesiswaan
|
3.
|
Sirajuddin, S.Pd
|
Humas
|
4.
|
Abdul Wahid
|
Sapras
|
8. Staf tata usaha
No.
|
Nama
|
Bidang
tugas
|
Tugas tambahan
|
1.
|
Samsuardi, S.Sos / PTT
|
Kepala TU
|
Persuratan/ data base
|
2.
|
Masriati, SE / PTT
|
Laboran / TU
|
Laboratorium / Buku Induk Siswa
|
3.
|
Nursani / PTT
|
Staf TU
|
Daftar hadir guru dan Daftar hadir siswa
|
4.
|
Lisnawati, SE / PTT
|
Pustakawan/ TU
|
Data peminjaman Buku Siswa dan Guru
|
5.
|
Irwan, S.Kom / PTT
|
Operator / TU
|
Input Data Siswa dan Guru/ Laporan Bulanan
|
6.
|
Susanti / PTT
|
Staf TU
|
Penyediaan Komsumsi Harian
|
9. Bendahara
No.
|
Nama
|
Tugas
|
1.
|
Dra. Nurfaedah
|
Bendahara
|
2.
|
Zainal Kaharuddin, S.Pd.,M.Kes
|
Bendahara
|
3.
|
Marwati, S.Pd
|
Bendahara
|
10. Laboratorium
No.
|
Nama
|
Tugas
|
1.
|
Nur priyanto, S.Pd
|
PJB Lab. Biologi
|
2.
|
Hamsinarwati, S.Pd.,M.Pd
|
PJB Lab. Komputer
|
11. Pustakawan
No.
|
Nama
|
Tugas
|
1.
|
Abd. Wahid, S.Pd
|
Kepala Perpustakaan
|
2.
|
Sulasmi, S.Pd
|
|
12. Satpam
No.
|
Nama
|
Tugas
|
1.
|
P. Dg. Ngampo
|
Satpam
|
2.
|
Dg. Tompo
|
Satpam
|
13. Cleaning servis
No.
|
Nama
|
Tugas
|
1.
|
Muh. Risal
|
Cleaning Servis
|
2.
|
Ida
|
Cleaning Servis
|
14. Keadaan siswa
Ø
Kelas VII
No.
|
Kelas
|
Laki-laki
|
Perempuan
|
Jumlah
|
1.
|
VII.A
|
12
|
12
|
24
|
2.
|
VII.B
|
11
|
13
|
24
|
3.
|
VII.C
|
14
|
10
|
24
|
4.
|
VII.D
|
14
|
10
|
24
|
Jumlah
|
51
|
48
|
96
|
Ø
Kelas VIII
No.
|
Kelas
|
Laki-laki
|
Perempuan
|
Jumlah
|
1.
|
VIII.A
|
13
|
11
|
24
|
2.
|
VIII.B
|
14
|
12
|
26
|
3.
|
VIII.C
|
17
|
10
|
27
|
Jumlah
|
44
|
33
|
77
|
Ø
Kelas IX
No.
|
Kelas
|
Laki-laki
|
Perempuan
|
Jumlah
|
1.
|
VIII.A
|
14
|
13
|
27
|
2.
|
VIII.B
|
13
|
13
|
26
|
3.
|
VIII.C
|
10
|
13
|
23
|
Jumlah
|
37
|
39
|
76
|
B. Masalah Umum Lokasi
Setelah melakukan observasi selama 1 minggu,
kami mendapatkan permasalah umum yang
ada di SMP Negeri 3 Galut diantaranya yaitu masalah kebersihan, masalah
kedisiplinan dan masalah administrasi.
Kebersihan adalah masalah yang pertama kami
jumpai di lokasi. Kebersihan yang ada di
SMP Negeri 3 Galut jauh dari yang diharapkan, karena kurangnya kesadaran warga
sekolah SMP Negeri 3 Galut mengenai kebersihan.
Selanjutnya masalah yang kami temui adalah
masalah kedisiplinan. Kedisiplinan yang ada di SMP Negeri 3 masih kurang dan
jauh dari yang diharapkan. Semua itu dikarenakan kurangnya kesadaran dari warga
sekolah mengenai kedisiplinan.
Dan masalah umum yang terakhir kami temui
adalah masalah administrasi. Pengadministrasian yang ada di SMP Negeri 3 Galut
tidak tertata dengan baik. Ini dapat dilihat dari data yang ada di tata usaha,
misalnya data siswa kelas VII tidak lengkap, pengarsipan yang kurang bagus,
dll.
C. Identifikasi Masalah
1. Kebersihan
Kebersihan merupakan salah satu faktor
pendukung dalam kelancaran proses pembelajaran disekolah. Kebersihan harus
ditanamkan kepada semua warga sekolah sejak dini, demi mencitakan suasana
sekolah yang kondusif dan nyaman. Maka dari itu, seorang kepala sekolah harus
mampu membangun dan menciptakan lingkungan sekolah yang bersih melalui
program-program sekolah yang berkualitas.
Dari pengamatan yang di lakukan selama berada
di smp negeri 3 galut, kebersihan
merupakan masalah yang pertama kami temui di lokasi. Masalah tesebut muncul
karena kurangnya kesadaran seluruh warga sekolah mengenai kebersihan. Adapun
contoh nyata mengenai keberishan yang ada di lokasi yaitu sampah berserakan didalam ruangan dan didepan
kelas, debu yang ada di dalam setiap ruangan jarang dibersihkan sehingga mengganggu
kelancaran proses belajar mengajar.
2. Kedisiplinan
Kedisiplinan merupakan salah satu kunci
keberhasilan dalam mencapai suatu tujuan. Dengan adanya kedisiplinan yang
dibangun sejak dini akan memberikan dampak kepada pencapaian tujuan.
Kedisiplinan harus dimulai dari seorang pemimpin dan ditularkan kepada semua
bawahan. Sebagai seorang kepala sekolah dituntut untuk menjadi panutan oleh
semua guru dan staf serta siswanya.
Dari pengamatan yang dilakukan selama ini
kedisiplinan yang ada di SMP Negeri 3 Galut masih kurang. Semua itu dapat dilihat
dari fenomenan yang ada, misalnya masih banyak guru yang terlambat datang ke
sekolah yang mestinya memberikan contoh kepada anak didiknya. Selain itu, pesreta didik juga ada yang
terlambat datang ke sekolah yang berdampak pada kelancaran proses belajar
mengajar dan pada saat guru sedang mengajar ada sebagian peserta didik yang
ribut dibelakang. Itulah fenomena yang kami lihat langsung di tempat
pelaksanaan KKN-PPL Terpadu mengenai kedisiplinan.
3. Administrasi
Adminstrasi merupakan suatu layanan yang diberikan
warga sekolah untuk menunjang kegiatan proses belajar mengajar dan kegiatan
sekolah lainnya yang dilakukan secara intensif demi mencapai tujuan yang
diharapkan.
Dari pengamatan yang kami lakukan selama
berada di lokasi KKN-PPL Terpadu, pengadministrasian yang ada di lokasi kurang
tertata dengan baik. Semua itu dapat
dilihat dari dokumen, arsip dan peralatan serta perlengkapan yang ada di
sekolah.
D. Bentuk program dan target Minimal yang akan
dicapai masing-masing bidang
1. Program kerja
Adapun program kerja yang kami lakukan di SMP
Negeri 3 Galesong Utara, berdasarkan surat yang ditandatangani oleh kepala
sekolah yaitu :
a) Pembinaan administrasi
1. Penyempurnaan adminstrasi sekolah
b) Kebersihan dan lingkungan hidup
1. Pengadaan tempat sampah
2. Pembersihan mushollah sekolah
c) Pendidikan dan se budaya
1. PPL setiap hari senin s/d hari sabtu
2. Pelatihan dasar kepemimpinan siswa (LDKS)
3. Pelatihan tari
4. Pelatihan vocal group (upacara bendera)
5. Pembentukan pengurus osis
6. Pelatihan membaca
7. Persami (perkemahan sabtu minggu)
8. Perlombaan antar kelas
d) Sarana dan prasarana
1. Pembuatan papan nama penunjuk sekolah
2. Pembuatan mading sekolah dan papan pengumuman
3. Pembuatan stuktur organisasi sekolah
4. Pengecetan dinding sekolah
5. Pembuatan lapangan taqrow
6. Pembuatan lapangan futsal
2. Target minimal yang akan dicapai
masing-masing bidang
Dari
semua program kerja yang ada dicantumkan kami dari
KKN PPL Terpadu UNM Angkatan IX menargetkan pencapaiaan akhir 100% tuntas.
BAB III
PELAKSANAAN PROGRAM DAN HASIL
A.
Hasil Pelaksanaan Program pada masing-masing kegiatan
No.
|
Program kerja
|
Waktu
|
Jumlah mahasiswa yang terlibat
|
Anggaran
yang digunakan
|
Keterangan
|
|||
1.
|
Pembinaan Administrasi Sekolah
|
|||||||
|
a.
Penyempurnaan administrasi sekolah
|
36
Hari
|
7
Orang
|
-
|
Tuntas
|
|||
2.
|
Kebersihan dan
Lingkungan Hidup
|
|||||||
|
a.
Pengadaan tempat sampah
|
14
Hari
|
11
Orang
|
Rp. 200.000,-
|
Tuntas
|
|||
|
b.
Pembersihan mushollah sekolah
|
21
Hari
|
11
Orang
|
-
|
Tuntas
|
|||
3.
|
Pendidikan dan
Budaya
|
|||||||
|
a.
PPL setiap hari senin-sabtu
|
78
Hari
|
11
Orang
|
-
|
Tuntas
|
|||
|
b.
Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS)
|
2 Hari
|
11
Orang
|
Rp.
50.000,-
|
Tuntas
|
|||
|
c.
Pelatihan tari
|
49
hari
|
2 Orang
|
-
|
Tuntas
|
|||
|
d.
Pelatihan vocal group (upacara bendera)
|
14
hari
|
3
orang
|
-
|
Tuntas
|
|||
|
e.
Pembentukan pengurus osis
|
1
Hari
|
11
Orang
|
-
|
Tuntas
|
|||
|
f.
Pelatihan membaca
|
30
Hari
|
11
Orang
|
-
|
Tuntas
|
|||
|
g.
Persami (perkemahan sabtu minggu)
|
2
Hari
|
11
Orang
|
-
|
Tuntas
|
|||
|
h.
Perlombaan antara kelas (porseni)
1)
Futsal
2)
Baca al-qur’an
3)
Puisi
|
14
Hari
1
Hari
1
Hari
|
5
Orang
11
Orang
11
Orang
|
Rp.
500.000,-
Rp.
150.000,-
Rp.
150.000,-
|
Tuntas
Tuntas
Tuntas
|
|||
3.
|
Sarana Prasarana
|
|||||||
|
a.
Pembuatan papan nama penunjuk sekolah
|
5
Hari
|
11
Orang
|
Rp.
150.000,-
|
Tuntas
|
|||
|
b.
Pembuatan mading sekolah dan papan pengumuman
|
9
Hari
|
11
Orang
|
Rp.
300.000,-
|
Tuntas
|
|||
|
c.
Perbaikan struktur organisasi sekolah
|
1
Hari
|
5
Orang
|
Rp.
30.000,-
|
Tuntas
|
|||
|
d.
Pengecetan dinding sekolah
|
7
Hari
|
4
Orang
|
-
|
Tuntas
|
|||
|
e.
Pembuatan lapangan taqrow
|
2
Hari
|
11
Orang
|
Rp.
30.000,-
|
Tuntas
|
|||
|
f.
Pembuatan lapangan futsal
|
2
Hari
|
11
Orang
|
Rp.
30.000,-
|
Tuntas
|
|||
B.
Faktor pendukung dan penghambat
1.
Faktor pendukung
Adapun
faktor pendukung dalam pelaksanaan program kerja KKN-PPL Terpadu Angkatan IX
UNM di SMP Negeri 3 Galut adalah :
a.
Kepala sekolah
Partisipasi kepala sekolah yang sangat begitu
besar dalam setiap program kerja mahasiswa KKN PPL Terpadu UNM Angkatan IX baik berupa motivasi dan
bimbingan merupakan faktor pendukung yang sangat berharga yang membuat kami
terpacu untuk menyelesaikan Program
Kerja yang telah disusun dan disepakati sehingga dapat terselesaikan dengan
baik dan tepat waktu.
b.
Guru
Partisipasi
guru yang begitu besar dalam melaksanakan program kerja sangatlah membantu kami
dalam menyelesaikan program kerja yang disepakati. Dalam pelaksanaan setiap
program kerja guru senantiasa membimbing dan mengarahkan serta memberikan
masukan dalam pelaksanaan program kerja.
c.
Mahasiswa
Partisipasi
dari peserta KKN-PPL Terpadu Angkatan IX tidak
kalah besarnya dalam setiap kegiatan pelaksanaan program kerja. Masukan dan
sumbangsi dari peserta KKN-PPL Terpadu begitu besar dan semua itu dibangun dari
kerja sama dan kekompakan antara setiap peserta sehingga program kerja KKN-PPL
Terpadu UNM Angkatan 9 di SMP Negeri 3 Galut
selesai dengan tepat waktu.
2.
Faktor penghambat
Adapun
faktor penghambat dalam pelaksanaan program kerja KKN-PPL Terpadu Angkatan IX
adalah :
a.
Kurangnya partisipasi dari peserta didik dalam pelaksanaan program
kerja.
b.
kurangnya dana yang terkumpul.
C.
Masalah dan alternatif pemecahan masalah
Dalam
menjalankan setiap pekerjaan, kita selalu dihadapkan pada masalah. Begitu pula
dengan pelaksanaan KKN PPL Terpadu UNM Angkatan IX di SMP Negeri 3 galut, kami
dihadapkan pada masalah internal. Adapun masalah internalnya yaitu peserta
didik yang ada di SMP Negeri 3 Galut bandel dan tidak mau mendengar, namun
tidak membuat kami untuk menyerah dalam menghadapi siswa, justru membuat kami
tertantang untuk menghadapinya. Oleh karena itu, sebagai calon pendidik kita
harus mampu mencari solusi dari masalah yang dihadapi sekolah dan dijadikan
motivasi untuk menjadi pribadi yang mampu memahami segala sesuatu/ fenomena
yang ada disekitar kita. Dari masalah tersebut dapat tarik pelajaran bahwa
dalam menghadapi peserta didik kita harus bersabar dan hanya dengan sabar insya
allah masalah akan selesai.
D.
Pembahasan masalah program kerja dan hasil yang di capai
secara analisis
1.
PPL setiap hari senin-sabtu
PPL
merupakan kegiatan yang pertama kami
lakukan di SMP Negeri 3 Galesong Utara. PPL ini dimulai pada tanggal 15 Agustus
– 12 oktober 2014 dengan jumlah mahasiswa yaitu 11 orang, dimana terbagi atas 3
jurusan yaitu administrasi pendidikan 3 orang, pendidikan sendratasik 5 orang, dan pendidikan ekonomi 3 orang.
Untuk administrasi pendidikan ditempatkan pada bagian tata usaha, pendidikan
sendratasik ditempatkan pada bagian mengajar mata pelajaran seni budaya yang
dibagi menurut kelas oleh guru pamong dan pendidikan ekonomi ditempatkan pada
bagian mengajar mata pelajaran IPS Terpadu yang dibagi menurut kelas oleh guru
pamong. Alhamdulillah PPL ini berjalan dengan lancar sesuai dengan yang
ditargetkan.
2.
Pelatihan tari
Pelatihan
tari merupakan program kerja yang kedua kami jalankan. Pelatihan tari
dilaksankan pada tanggal 18 agustus – 31
oktober 2014 selama 75 hari. Jumlah mahasiswa yang terlibat yaitu 2 orang. Alhamdulillah program kerja berjalan lancar
sesuai dengan yang diharapakan. Pelatihan tari dilaksanakan dengan maksud untuk
membentuk peserta didik untuk selalu mencintai budaya Indonesia khususnya
Sulawesi selatan dalam hal tari. Oleh karena itu, dengan adanya pelatihan tari
ini dapat memberikan dampak positif kepada sekolah kedepannya.
3.
Pembersihan mushollah sekolah
Program
kerja yang ketiga kami laksanakan yaitu pembersihan mushollah sekolah. Jumlah
mahasiswa yang terlibat yaitu 11 orang. Pembersihan mushollah sekolah
dilaksanakan pada tangal 19 agustus – 15 september 2014. Kami hanya membawa
sapu lidi, sapu ijuk, tempat sampah dan
kain untuk dijadikan lap. Pembersihan mushollah sekolah dilakukan selama 1
bulan yaitu 1 kali dalam satu minggu. Alhamdulillah program ini berjalan lancar
sesuai dengan target. Kami lakukan ini
untuk menyadarkan warga sekolah agar selalu mencintai kebersihan.
4.
Penyempurnaan administrasi sekolah
Program
kerja yang keempat kami laksanakan yaitu penyempurnaan administrasi sekolah.
Penyempurnaan administrasi sekolah dilaksanakan pada tanggal 1 september – 31
november 2014 selama 61 hari. Jumlah mahasiswa yang terlibat yaitu 3 orang.
Alhamdulillah program ini berjalan dengan lancar sesuai dengan yang diharapkan,
meskipun didalam menjalankan terdapat hambatan tapi tidak membuat kami
menyerah. Program ini dilakukan untuk menata dan memperbaiki sistem
pengadministrasi yang di SMP Negeri 3 Galesong Utara.
5.
Perbaikan struktur organisasi sekolah
Program
kerja yang kelima kami jalankan yaitu perbaikan struktur organisasi sekolah.
Perbaikan struktur organisasi sekolah dilaksanakan pada tanggal 6 september
2014 selama 1 hari dan jumlah anggaran yang digunakan yaitu Rp. 30.000,-.
Jumlah mahasiswa yang terlibat yaitu 5 orang dan program ini berjalan dengan
baik dan lancar sesuai dengan yang diharapkan.
6.
Pengadaan tempat sampah
Program
kerja yang keenam kami laksanakan yaitu pengadaan tempat sampah. Pengadaan
tempat sampah dilaksanakan pada tanggal 15 September – 13 oktober 2014 selama 1
bulan, dengan jumlah mahasiswa yang terlibat yaitu 11 orang. Jumlah anggaran
yang digunakan yaitu Rp. 200.000,- . Alhamdulillah program kerja ini berjalan
sesuai dengan yang diharapakan. Pengadaan tempat sampah dilakukan untuk
menyadarkan kepada warga sekolah betapa pentingnya menjaga keberisihan baik
didalam lingkungan sekolah maupun diluar sekolah.
7.
Pembuatan mading sekolah dan papan pengumuman
Program
kerja yang ketujuh kami jalankan yaitu pembuatan mading sekolah. Pembuatan
mading sekolah dilaksankan pada tanggal 16 – 24 september 2014 selama 9 hari
dengan anggaran yang digunakan yaitu Rp.300.000,-. Jumlah mahasiswa terlibat
yaitu 11 orang dan alhamdulillah pembuatan mading selesai sesuai dengan yang
diharapkan.
8.
Pelatihan vokal group (upacara bendera)
Program
kerja yang kedelapan kami jalankan yaitu pelatihan vokal group yang
dirangkaikan dengan latihan upacara bendera. Latihan vocal group dan upacara
bendera dilaksankan pada tanggal 15 september – 1 november 2014, dimana
dilakukan 2 kali dalam satu minggu yaitu sabtu dan minggu sore. Jumlah mahasiswa
yang terlibat yaitu 2 orang dan Alhamdulillah program ini berjalan dengan baik dan lancar,
meskipun terkendala dari peserta yaitu sebagian peserta didik yang tidak datang
pada saat latihan.
9.
Pelatihan membaca
Program
kerja yang kesembilan kami jalankan adalah pelatihan membaca yang dilaksanakan
pada tanggal 16 september- 15 oktober 2014 selama 30 hari. Jumlah mahasiswa
yang terlibat yaitu 11 orang dan jumlah peserta didik yang terlibat yaitu 9
orang. Alhamdulillah program kerja ini berjalan lancar meskipun terkendala pada
peserta didik yang tidak mau mendengar.
10. Persami (perkemahan sabtu minggu)
Program
kerja yang kesepuluh kami jalankan adalah persami yang dilaksanakan pada
tanggal 20-21 september 2014 selama 2 hari. Jumlah mahasiswa yaitu 11 orang dan
jumlah peserta didik yang terlibat yaitu ± 70 siswa. Alhamdulillah program
kerja ini berjalan lancar sesuai dengan yang ditargetkan.
11. Pembuatan lapangan taqrow
Program
kerja yang kesebelas kami jalankan adalah pembuatan lapangan taqrow yang
dilaksanakan pada tanggal 21-22 september 2014 selama 2 hari, dengan anggaran
yang digunakan yaitu Rp. 30.000,-. Jumlah mahasiswa yang terlibat yaitu 11 orang dan Alhamdulillah program ini berjalan
lancar sesuai dengan target.
12. Pengecetan dinding sekolah
Program
kerja yang keduabelas kami jalankan yaitu pengecetan dinding sekolah.
Pengecetan dinding sekolah dilaksanakan pada tanggal 22-28 september 2014,
dengan jumlah mahasiswa yang terlibat 5 orang yang dilakukan selama 7 hari.
Anggaran yang digunakan pada program ini disediakan sekolah, kami hanya
menyumbang tenaga kami. Pengecetan dinding sekolah dilakukan untuk mempercantik
dan memperindah bangunan sekolah, agar peserta didik lebih termotivasi untuk
rajin sekolah. Alhamdulillah program kerja ini berjalan dengan baik dan tuntas
sesuai dengan yang diharapkan.
13. Pembentukan pengurus osis
Program
kerja yang ketigabelas kami jalankan adalah pembentukan pengurus osis yang
dilaksanakan pada tanggal 27 september 2014 selama 1 hari. Jumlah mahasiswa
yang terlibat yaitu 11 orang dan Alhamdulillah pembentukan pengurus osis
berjalan lancar dan sesuai dengan rencana yang ditargetkan.
14. Pembuatan papan nama penunjuk sekolah
Program
kerja yang keempabelas kami jalankan adalah pembuatan papan nama penunjuk
sekolah yang dilaksanakan pada tanggal 6-10 oktober 2014 selama 5 hari, dengan anggaran yang
digunakan Rp. 150.000,-. Jumlah mahasiswa yang terlibat adalah 11 orang dan
Alhamdulillah pembuatan papan nama penunjuk sekolah berjalan lancar dan selesai
dengan tepat waktu.
15. Pembuatan lapangan bola
Program
kerja yang kelimabelas belas kami jalankan adalah pembuatan lapangan bola yang
dilaksanakan pada tanggal 18-19 oktober 2014 selama 2 hari dengan anggaran yang
digunakan yaitu Rp. 30.000,-. Jumlah mahasiswa yang terlibat yaitu 5 orang dan
Alhamdulillah program ini berjalan dengan baik.
16. Perlombaan antara kelas (porseni)
Program
kerja yang keenambelas yang kami jalankan adalah perlombaan antara kelas
(porseni) yang dilaksanakan pada tanggal 20 oktober-1 november 2014 selama 13
hari, dengan anggaran yang digunakan yaitu Rp. 550.000,-. Adapun perlombaan yang kami adakan adalah futsal tanggal 20
oktober – 1 november 2014, baca al-qur’an tanggal 28 oktober 2014, dan baba
puisi tanggal 29 oktober 2014. Jumlah mahasiswa yang terlibat yaitu 11 orang
dan Alhamdulillah berjalan lancar dann sesuai dengan yang direncanakan. Program
kami lakukan untuk menjalin hubungan yang baik antara siswa dengan siswa dan
membentuk peserta didik yang selalu mengedepankan pada kerja sama.
17. LDKS (latihan dasar kepemimpinan siswa)
Program
kerja yang ketujuhbelas kami jalankan adalah laihan dasar kepemimpinan siswa
yang dilaksanakan pada tanggal 24-25 oktober 2014 selama 2 hari. Jumlah
mahasiswa yang terlibat yaitu 11 orang dan peserta didik yang terlibat yaitu ±
65 siswa. Alhamdulillah program kerja ini berjalan lancar sesuai dengan yang
direncanakan. Latihan dasar kepemimpinan siswa kami laksanakan untuk
membentuk karakter siswa sebagai seorang
pemimpin yang bertanggungjawab.
BAB
IV
KESIMPULAN
DAN SARAN
A. Kesimpulan
Berdasarkan
pada pembahasan sebelumnya, maka dapat kami mengambil kesimpulan mengenai
pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan Universitas Negeri Makassar Angkatan IX
adalah sebagai berikut :
1. Program
Pengalaman Lapangan (PPL) dilakukan sesuai dengan keahlian oleh peserta PPL,
dimana administrasi pendidikan ditempatkan pada bagian tata usaha dalam
menangani pengadministrasian sekolah.
2. Pelaksanaan
program kerja yang kami laksankan di SMP Negeri 3 Galesong Utara semuanya
berjalan lancar dan sesuai dengan target yang ingin dicapai yaitu 99 % ketuntasan.
3. Pelaksanaan
Program Pengalaman Lapangan (PPL) oleh mahasiswa berjalan dengan baik dan
lancar.
B. Saran-saran
Dalam
pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL) Terpadu Universitas Negeri Makassar
Angkatan IX Tahun 2014, banyak hal yang kami temukan dan rasakan, maka dari itu
sebagai sumbangsi pemikiran untuk kedepannya maka saran yang sempat kami
berikan adalah sebagai berikut:
1. Kepada pihak universitas sebagai penanggungjawab
pelaksana agar dapat menerapkan sistem pelaksanaan KKN-PPL
Terpadu yang benar-benar mengenai sasaran, sesuai latar belakang
pendidikan masing-masing peserta KKN-PPL Terpadu.
2. Kepada
UPT-PPL sebagai pihak yang penanggungjawab kedua dalam pembagian lokasi
pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL) Terpadu Universitas Negeri
Makassar Angkatan IX benar-benar merata, karena ada sebagian instansi/sekolah
yang mengeluh karena pembagian peserta yang tidak merata atau ada penumpukan
program studi dalam instansi/sekolah.
3. Mahasiswa Program Pengalaman Lapangan
(PPL) Terpadu Universitas Negeri Makassar Ankatan IX diharapkan untuk memperhatikan sasaran kegiatannya yang
lebih tepat serta dapat menerapkan
pengetahuannya sesuai dengan disiplin ilmunya masing-masing.
4. Ilmu
yang didapatkan dari kampus selama perkuliahan agar benar-benar diterapkan
dalam kegiatan Program Pengalaman Lapangan (PPL).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar