Sabtu, 12 September 2015

LAPORAN KKN-PPL TERPADU UNM ANGKATAN IX



LAPORAN


KKN-PPL TERPADU UNM ANGKATAN IX
SMP NEGERI 3 GALESONG UTARA
TAHUN AJARAN 2014/ 2015


Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Kelulusan
Mata Kuliah Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)
Kepada UPPL Universitas Negeri Makassar


Oleh :




                                                      RAHMAT HIDAYATULLAH
                                                                  1182040133
                                                 PENDIDIKAN SENDRATASIK
                                                 FAKULTAS SENI DAN DESAIN




                                                                     UPT PPL
                                               UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

                                                                        2014











UNIT PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (UPPL)
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2014

LEMBAR PENGESAHAN
            Laporan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) oleh mahasiswa Universitas Negeri Makassar di SMP Negeri 3 Galesong Utara Desa Bontosunggu Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar Tahun ajaran 2014/2015 yang dinyatakan diterima dan disahkan.
            Yang melaksanakan kegiatan ini :

Nama                        : RAHMAT HIDAYATULLAH
NIM                         :1182040133
Jurusan                     : Pendidikan Sendratasik
Fakultas                    : Seni dan Desain

Takalar, 7 November 2014

                                     Disahkan oleh

Dosen Pembimbing                                                     Guru Pamong



Drs.H. Ali Ahmad Muhdy, M.Pd                               DRS. H. ASRI
NIP. 19560504 198303 1 003                                                NIP. 19590909 098110 1004


Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Galesong Utara




Abd. Rauf, S.Pd.,M.Si

NIP. 19730208 199802 1 003









HALAMAN PENILAIAN
Berdasarkan pengamatan terhadap pelaksanaan observasi dan orientasi di sekolah terutama :
1.      Disiplin dalam menjalankan tugas
2.      Kelancaran aktivitas mahasiswa dalam melakukan tiap-tiap kegiatan sesuai petunjuk pamong dan dosen pembimbing
3.      Kuantitas dan kualitas kegiatan yang ditulis dalam pencatatan ini.
Maka dosen pembimbing dan guru pamong memberikan nilai pada kegiatan ini sebagai berikut :
Angka                                                          Huruf


                                                                                        Takalar, 6 November 2014
Dosen Pembimbing                                                          Guru Pamong

Drs.H. Ali Ahmad Muhdy, M.Pd                                   Drs. H. Asri
NIP.  19560504 198303 1 003                                          NIP. 195909091981101004.      

Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 3 Galesong Utara

Abd. Rauf, S.Pd. M.Si.
                                                       NIP.197302081998021003







KATA PENGANTAR

 


Assalamu’alaikum Wr.Wb.
“Orang yang bersungguh-sungguh dalam mengerjakan setiap pekerjaan, insyah allah diberikan kemudahan dan kelancaran baginya”

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT. atas segala limpahan rahmat dan rahim-Nya sehingga Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan pelaksanaan program pengalaman lapangan (PPL) ini dapat diselesaikan. Shalawat serta Salam penulis haturkan kepada junjungan kita Nabiullah Muhammad Saw. dengan ajaran yang beliau sehinnga sampai saat ini kita masih mampu membedakan mana yang hak dan bati. serta semoga tetap tercurah rahmatnya kepada keluarganya, sahabat, dan bahkan sampai kepada kita semua ummatnya yang tetap taat kepada ajaran beliau. 
Laporan ini dapat diselesaikan berkat bantuan dari berbagai pihak selama pelaksanaan PPL, utamanya guru pamong, guru mata pelajaran yang selalu memberikan bimbingan selama pelaksanaan PPL, maka penulis menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada:
1.      Allah SWT yang telah memberikan kehidupan, keselamatan, kekuatan, dan kesehatan baik jasmani dan rohani.
2.      Unit Pengelola Pengalaman Lapangan (UPPL) Universitas Negeri Makassar yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk memprogramkan mata kuliah KKN dan PPL.
3.      Bapak Drs. H. Ali Ahmad Muhdy, M.Pd selaku dosen pembimbing KKN-PPL Terpadu yang telah memberikan bekal dan pengarahan sebelum melaksanakan PPL di sekolah-sekolah yang ditunjuk.
4.      Bapak Abd. Rauf, S.Pd.,M.Si selaku kepala sekolah SMP Negeri 3 Galesong Utara yang telah menerima kami dengan penuh kecintaan serta membantu dan mengarahkan kami dalam melaksanakan program kerja.
5.      Bapak, DRS. H. Asri selaku guru pamong yang telah membimbing saya dalam pelaksanaan PPL  ini.
6.      Bapak Samsuardi, S.Sos selaku kepala tata usaha yang tak pamrih untuk membantu dan membimbing dalam mengerjakan setiap pekerjan.
7.      Bapak/Ibu guru SMP Negeri 3 Galut yang telah memberikan dukungan berupa motivasi kepada penulis dalam mengerjakan aktivitas di sekolah dan menerima kami seperti keluarga sendiri.
8.      Bapak/Ibu staf tata usaha SMP Negeri 3 Galut yang telah membantu penulis dalam mengerjakan tugas sebagai tenaga pengajar.
9.      Ayah, Ibu serta keluarga, terima kasih atas doa dan dukungannya selama KKN-PPL Terpadu ini.
10.  Rekan-rekan mahasiswa KKN-PPL Terpadu UNM Angkatan IX yang turut membantu penulis baik secara langsung maupun tidak langsung.
11.  Ibu murni Spd dan sekeluarga yang telah ikhlas menerima kami dan memberikan  tempat tinggal selama menjalani proses kkn-ppl
12.  Semua pihak yang telah memberikan bantuan selama ini yang tidak sempat disebutkan satu persatu
Semoga segala amal kebaikan dan kerelaannya membantu dalam proses belajar di masyarakat serta berbagai macam kegiatan selama pelaksanaan program kegiatan KKN-PPL Terpadu mendapat Ridho dan balasan dari Allah SWT.
Penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena, itu segala kritik dan saran dari pembaca dan masyarakat yang sifatnya membangun diterima dengan senang hati, demi kesempurnaan dan kemajuan bersama. penulis berharap semoga laporan ini berguna bagi pembaca pada umumya dan masyarakat khususnya. Amin

Wassalamualaikum Wr.Wb.
                                                                                                                    Takalar, 7 November 2014
          


             Mahasiswa PPL

Rahmat hidayatullah
Nim. 1182040133




DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL---------------------------------------------------------------- i
HALAMAN PENGESAHAN ------------------------------------------------------  ii
HALAMAN PENILAIAN ------------------------------------------------------------------ iii
KATA PENGANTAR --------------------------------------------------------------  iv
DAFTAR ISI ------------------------------------------------------------------------  vi
DAFTAR TABEL ------------------------------------------------------------------- viii
DAFTAR LAMPIRAN ------------------------------------------------------------- ix
BAB I PENDAHULUAN ----------------------------------------------------------  1
A.    Latar Belakang -------------------------------------------------------------------  1
B.     Tujuan ----------------------------------------------------------------------------  3
C.     Manfaat --------------------------------------------------------------------------  3
D.    Sasaran ---------------------------------------------------------------------------  4
BAB II GAMBARAN UMUM  ----------------------------------------------------  5
A.    Deskripsi Lokasi -----------------------------------------------------------------  5
B.     Masalah Umum Lokasi ----------------------------------------------------------  11
C.     Identifikasi Masalah -------------------------------------------------------------  12
D.    Bentuk Program dan Targer Minimal yang akan dicapai pada masing-masing bidang     14
BAB III PELAKSANAAN PROGRAM DAN HASIL ---------------------------  16
A.    Hasil Pelaksanaan Program pada masing-masing bidang ------------------------  16
B.     Faktor pendukung dan penghambat ---------------------------------------------  18
C.     Masalah dan alternatif pemecahan masalah -------------------------------------  19
D.    Pembahasan masalah program kerja dan hasil yang dicapai secara analisis -----  19
BAB IV KESIMPULAN -----------------------------------------------------------  26
A.    Kesimpulan ----------------------------------------------------------------------  26
B.     Saran-saran -----------------------------------------------------------------------  26


                                                        DAFTAR TABEL

2.1  Tabel nama kepala sekolah dan wakil kepala sekolah -----------------------  6
2.2  Tabel nama wali kelas -------------------------------------------------------  6
2.3  Tabel nama guru bidang studi -----------------------------------------------  7
2.4  Tabel nama guru BP/BK ----------------------------------------------------  8
2.5  Tabel nama kepala urusan ---------------------------------------------------  8
2.6  Tabel nama staf tata usaha --------------------------------------------------  9
2.7  Tabel nama bendahara ------------------------------------------------------  9
2.8  Tabel nama laboran ----------------------------------------------------------  9
2.9  Tabel nama pustakawan -----------------------------------------------------  10
2.10  Tabel nama satpam ---------------------------------------------------------  10
2.11  Tabel nama cleaning servis -------------------------------------------------  10
2.12  Tabel  keadaan siswa ------------------------------------------------------  10


DAFTAR LAMPIRAN

A.    Struktur Organisasi KKN-PPL Terpadu UNM Angkatan IX ------------------- 28
B.     Biodata Penulis ------------------------------------------------------------------  29
C.     Jurnal Kegiatan KKN-PPL Terpadu ---------------------------------------------  30
D.    Dokumentasi Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ----------------------------  38
E.     Jadwal Pelaksanaan Program Kerja ----------------------------------------------  45
Rencana pelaksanaan pembelajaran --------------------------------------------------- 


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang
Pendidikan adalah suatu proses pendewasaan manusia menuju manusia yang lebih berkarakter (manusiawi). Karakter yang dimaksud adalah manusia yang mampu membedakan antara yang hak dan yang batil. Namun dikalangan manusia saat ini karakter itu jauh dari  kenyataan. Pendidikan keluarga sebagai pembentukan pertama karakter manusia tidak sejalan dengan kodratnya, karena saat ini kebanyakan orang tua belum memahami kodratnya sebagai orang tua. Sehingga pendidikan keluarga tidak berjalan/berlangsung dengan optimal.
Pendidikan sekolah sebagai kelanjutan dari pendidikan keluarga, begitu besar peranannya dalam melanjutkan dan membentuk karakter peserta didik. Oleh karena itu, tanggung jawab sekolah begitu besar  dalam menanamkan karakter peserta didik sejak dini. Sehingga pendidikan sekolah harus betul-betul di fungsikan melalui program sekolah yang berkualitas dengan selalu mengikuti perkembangan zaman.
Selanjutnya pendidikan masyarakat sebagai tempat untuk mengimplementasikan dan menilai karakter dari hasil produksi sekolah. Oleh karena itu, masyarakat harus jelih dan tanggap terhadap produksi sekolah sehingga apa yang diharapkannya dapat dimanfaatkan denga optimal. Sehingga hasil dari pendidikan sekolah, mampu membawa keluarga dan masyarakat menuju ke suatu tujuan hidup yang sejahtera.
Dari ketiga pusat pendidikan itu, harus berjalan dengan optimal dan sejalan dengan kodratnya yaitu sama-sama membentuk karakter. Dengan adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang kian waktu kian berkembang, memaksakan kita semua untuk mengikuti kemajuan tersebut. Salah satunya adalah pelaksanaan program KKN-PPL Terpadu, dimana program ini menggabungkan antara kkn dengan ppl sehingga menjadi keuntungan bagi mahasiswa untuk cepat menyelesaikan program studinya.
Salah satu tempat pelaksanaan KKN-PPL Terpadu UNM Angkatan IX adalah SMP Negeri 3 Galesong Utara tepatnya di Desa Bontosunggu Kecamatan galesong Utara Kabupaten Takalar. Disekolah tersebut saya mengabdi dan mengimplementasikan ilmu yang saya peroleh dibangku kuliah.

B.     Tujuan
Dari pemaparan latar belakang diatas, dapat kita tarik tujuan pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Makassar adalah sebagai berikut:
1.      Untuk membentuk watak mahasiswa menjadi calon tenaga pendidik dan kependidikan  yang kompeten dan terampil dalam melaksanakan tugasnya.
2.      Untuk dapat membandingkan antara teori yang didapat dibangku kuliah dengan praktek yang ada dilapangan.
3.      Untuk membentuk watak mahasiswa yang mampu mengenali dan memecahkan masalah yang ada dilapangan sehingga menjadi pelajaran yang nantinya dapat menjadi bekal untuk kedepannya.



C.     Manfaat
Adapun manfaat dari pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Makassar adalah sebagai berikut :
1.      Bagi sekolah
·         Membantu dalam masalah administrasi
·         Sebagai perantara dalam membantu guru, dalam proses belajar mengajar.
·          Membantu sekolah dalam mengembang ekstra kulikuler, dalam mengembang potensi minat dan bakat siswa
2.      Bagi mahasiswa
·         Memberikan pengalaman lapangan dalam hal proses belajar mengajar pada peserta didik smp 3 galesong utara
·         Sebagai wadah pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya tentang seni budaya atau seni drama tari dan musik
·         Membentuk pola pikir yang lebih dewasa dan membuka wawasan baru tentang pendidikan seni budaya
·         Membentuk karakter dan kedisiplinan
3.      Bagi jurusan
·         Sebagai wadah dalam mengembangkan  jurusan pendidikan seni drama tari dan musik (sendrtasik)
·         Sebagai wadah pengenalan potensi dan kemampuan jurusan pendidikan sendratasik di mata masyarakat dan sekolah


D.    Sasaran
adapun sasaran dari pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL) adalah   saya ditempatkan sebagai tenaga pengajar seni budaya di kelas VIII yang berbasis kurikulum 2013, dan mengembangkan minat dan bakat siswa dalam bidang seni dan olahraga dalam kekegiatan  ekstrakulikuler smp 3 galesong utara

















BAB II
GAMBARAN UMUM

A.    Deskripsi Lokasi
SMP Negeri 3 Galesong Utara berdomisili di Jl. Pendidikan No. 1 Ballapparang, kelurahan Bontosunggu, Kec. Galesong Utara, kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan, yang secara geografis terletak di jalan poros menuju kota Kecamatan Galesong Utara dan menuju ke Kota Makassar, serta mudah dijangkau dari segala arah melalui banyak alat transportasi.
1.      Identitas sekolah
Nama sekolah        : SMP Negeri 3 Galesong Utara
No. Statistik          : 20.1.1904.06.003
Kode Pos              : 92255
Telepon                 : 085242857840
Provinsi                 : Sulawesi Selatan
Desa                      : Bontosunggu
Kecamatan                        : Galesong Utara
Kabupaten             : Takalar
Tahun berdiri         : 2010
Status sekolah       : Negeri
Letak sekolah        : Desa


2.      Visi dan misi sekolah
Visi    : berakhlak mulia, cerdas yang didasari iman dan taqwa serta ilmu     pengetahuan dan teknologi.
Misi
1.      Mewujudkan kegiatan belajar secara efektif dan efesien sehingga siswa dapat berkembang secara optimal.
2.      Mewujudkan semangat kompetitif kepada seluruh warga sekolah.
3.      Mewujudkan siswa yang mampu mengenali potensi dirinya.
4.      Mewujudkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianutnya.
5.      Mewujudkan rasa cinta terhadap budaya lokal.
3.      Kepala sekolah dan Wakil kepala sekolah
No.
Nama
Jabatan
1.
Abd. Rauf, S.Pd.,M.Si
Kepala sekolah
2.
Drs. H. Asri
Wakil kepala sekolah
4.      Wali kelas
No.
Nama Guru
Kelas
1.
Misnawati, S.Pd
VII.A
2.
Dra. Nurfaedah
VII.B
3.
Nur Intang, S.Pd
VII.C
4.
Hernah, S.Pd
VII.D
5.
Asma, S.Pd
VIII.A
6.
Salma, S.Pd
VIII.B
7.
Marwati, S.Pd
VIII.C
8.
Murniati, S.Pd
IX.A
9.
Hj. Gusnawatya, S.Pd
IX.B
10.
Usman, S.Pd
IX.C

5.      Guru bidang studi
No.
Nama Guru
Mata Pelajaran
1.
Abdul Rauf, S.Pd.,M.Si
Matematika
2.
Drs. H. Asri
Seni Budaya
3.
Syakhrir, S.Pd
Matematika
4.
Nur Priyanto, S.Pd
IPA Terpadu
5.
Abd. Wahid, S.Pd
Bahasa Indonesia
6.
Dra. Nurfaedah
Matematika
7.
Misnawati, S.Pd
PKN
8.
Hj. Gusnawatya, S.Pd
IPS Terpadu
9.
Zainal Kaharuddin, S.Pd.,M.Kes
Penjaskes
10.
Nur Intang, S.Pd
PKN
11.
Asma, S.Pd
Bahasa Inggris
12.
Marwati, S.Pd
Pendais dan IPS
13.
Murniati, S.Pd
Seni Budaya
14.
Sirajuddin, S.Pd
IPS Terpadu
15.
Hamsinarwati, S.Pd
IPA Terpadu
16.
Abdul Wahid, S.Pd
IPA Terpadu
17.
Hatijah, S.Pd
Bahasa Indonesia
18.
Nurlina, S.Pd
Mulok
19.
St. Nuraeni, S.Ag
Pendais
20.
Nur Hikmawati, S.Pd
Bahasa Indonesia
21.
Hartati, S.Pd
Prakarya
22.
Herna, S.Si
Prakarya
23
Saprilwadi, S.Pd
TIK
24.
Salma, S.Pd
Prakarya
25.
Usman, S.Pd
Bahasa Inggris
26.
St. Ramlah
Pendais
27.
Sahariah
Matematika
28.
Kasmawati, S.Pd
Pendais
29.
Rita Purnama, S.Pd
Bahasa Indonesia
30.
Nurul Inayah, S.Pd
Bahasa Inggris
31.
Salmiah, S.Pd
Bahasa Indonesia
32.
Khapsari Prayanti, S.Pd
Bahasa Inggris
33.
Jamaluddin, S.Pd
Mulok
34.
Paturungi, S.Pd
Pembina Pramuka
35.
Suardi M, S.Pd
Pembina Pramuka
36.
Sukadiningsih, S.Pd
BP

6.      Guru BP/BK
No.
Nama Guru
Kelas bimbingan
Jumlah siswa
1.     
Sukadiningsih, S.Pd
VII.A,B,C,D
96    iswa
2.     
Kasmawati, S.Pd
VIII.A,B,C
79    iswa
3.     
St. Ramlah
IX.A,B,C
76    iswa
7.      Kepala urusan
No.
Nama Guru
Bagian Urusan
1.
Syakhrir, S.Pd
Kurikulum
2.
Zainal Kaharuddin, S.Pd.,M.Kes
Kesiswaan
3.
Sirajuddin, S.Pd
Humas
4.
Abdul Wahid
Sapras


8.      Staf tata usaha
No.
Nama
Bidang tugas
Tugas tambahan
1.
Samsuardi, S.Sos / PTT
Kepala TU
Persuratan/ data base
2.
Masriati, SE / PTT
Laboran / TU
Laboratorium / Buku Induk Siswa
3.
Nursani / PTT
Staf TU
Daftar hadir guru dan Daftar hadir siswa
4.
Lisnawati, SE / PTT
Pustakawan/ TU
Data peminjaman Buku Siswa dan Guru
5.
Irwan, S.Kom / PTT
Operator / TU
Input Data Siswa dan Guru/ Laporan Bulanan
6.
Susanti / PTT
Staf TU
Penyediaan Komsumsi Harian

9.      Bendahara
No.
Nama
Tugas
1.
Dra. Nurfaedah
Bendahara
2.
Zainal Kaharuddin, S.Pd.,M.Kes
Bendahara
3.
Marwati, S.Pd
Bendahara

10.  Laboratorium
No.
Nama
Tugas
1.
Nur priyanto, S.Pd
PJB Lab. Biologi
2.
Hamsinarwati, S.Pd.,M.Pd
PJB Lab. Komputer



11.  Pustakawan
No.
Nama
Tugas
1.
Abd. Wahid, S.Pd
Kepala Perpustakaan
2.
Sulasmi, S.Pd


12.  Satpam
No.
Nama
Tugas
1.
P. Dg. Ngampo
Satpam
2.
Dg. Tompo
Satpam

13.  Cleaning servis
No.
Nama
Tugas
1.
Muh. Risal
Cleaning Servis
2.
Ida
Cleaning Servis

14.  Keadaan siswa
Ø  Kelas VII
No.
Kelas
Laki-laki
Perempuan
Jumlah
1.
VII.A
12
12
24
2.
VII.B
11
13
24
3.
VII.C
14
10
24
4.
VII.D
14
10
24
Jumlah
51
48
96


Ø  Kelas VIII
No.
Kelas
Laki-laki
Perempuan
Jumlah
1.
VIII.A
13
11
24
2.
VIII.B
14
12
26
3.
VIII.C
17
10
27
Jumlah
44
33
77

Ø  Kelas IX
No.
Kelas
Laki-laki
Perempuan
Jumlah
1.
VIII.A
14
13
27
2.
VIII.B
13
13
26
3.
VIII.C
10
13
23
Jumlah
37
39
76


B.     Masalah Umum Lokasi
Setelah melakukan observasi selama 1 minggu, kami mendapatkan  permasalah umum yang ada di SMP Negeri 3 Galut diantaranya yaitu masalah kebersihan, masalah kedisiplinan dan masalah administrasi.
Kebersihan adalah masalah yang pertama kami jumpai di lokasi.  Kebersihan yang ada di SMP Negeri 3 Galut jauh dari yang diharapkan, karena kurangnya kesadaran warga sekolah SMP Negeri 3 Galut mengenai kebersihan.
Selanjutnya masalah yang kami temui adalah masalah kedisiplinan. Kedisiplinan yang ada di SMP Negeri 3 masih kurang dan jauh dari yang diharapkan. Semua itu dikarenakan kurangnya kesadaran dari warga sekolah mengenai kedisiplinan.
Dan masalah umum yang terakhir kami temui adalah masalah administrasi. Pengadministrasian yang ada di SMP Negeri 3 Galut tidak tertata dengan baik. Ini dapat dilihat dari data yang ada di tata usaha, misalnya data siswa kelas VII tidak lengkap, pengarsipan yang kurang bagus, dll.

C.     Identifikasi Masalah
1.      Kebersihan
Kebersihan merupakan salah satu faktor pendukung dalam kelancaran proses pembelajaran disekolah. Kebersihan harus ditanamkan kepada semua warga sekolah sejak dini, demi mencitakan suasana sekolah yang kondusif dan nyaman. Maka dari itu, seorang kepala sekolah harus mampu membangun dan menciptakan lingkungan sekolah yang bersih melalui program-program sekolah yang berkualitas.
Dari pengamatan yang di lakukan selama berada di  smp negeri 3 galut, kebersihan merupakan masalah yang pertama kami temui di lokasi. Masalah tesebut muncul karena kurangnya kesadaran seluruh warga sekolah mengenai kebersihan. Adapun contoh nyata mengenai keberishan yang ada di lokasi yaitu  sampah berserakan didalam ruangan dan didepan kelas, debu yang ada di dalam setiap ruangan jarang dibersihkan sehingga mengganggu kelancaran proses belajar mengajar.

2.      Kedisiplinan
Kedisiplinan merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam mencapai suatu tujuan. Dengan adanya kedisiplinan yang dibangun sejak dini akan memberikan dampak kepada pencapaian tujuan. Kedisiplinan harus dimulai dari seorang pemimpin dan ditularkan kepada semua bawahan. Sebagai seorang kepala sekolah dituntut untuk menjadi panutan oleh semua guru dan staf serta siswanya.
Dari pengamatan yang dilakukan selama ini kedisiplinan yang ada di SMP Negeri 3 Galut masih kurang. Semua itu dapat dilihat dari fenomenan yang ada, misalnya masih banyak guru yang terlambat datang ke sekolah yang mestinya memberikan contoh kepada anak didiknya.  Selain itu, pesreta didik juga ada yang terlambat datang ke sekolah yang berdampak pada kelancaran proses belajar mengajar dan pada saat guru sedang mengajar ada sebagian peserta didik yang ribut dibelakang. Itulah fenomena yang kami lihat langsung di tempat pelaksanaan KKN-PPL Terpadu mengenai kedisiplinan.  
3.      Administrasi
Adminstrasi merupakan suatu layanan yang diberikan warga sekolah untuk menunjang kegiatan proses belajar mengajar dan kegiatan sekolah lainnya yang dilakukan secara intensif demi mencapai tujuan yang diharapkan.
Dari pengamatan yang kami lakukan selama berada di lokasi KKN-PPL Terpadu, pengadministrasian yang ada di lokasi kurang tertata dengan baik.  Semua itu dapat dilihat dari dokumen, arsip dan peralatan serta perlengkapan yang ada di sekolah.



D.    Bentuk program dan target Minimal yang akan dicapai masing-masing bidang
1.      Program kerja
Adapun program kerja yang kami lakukan di SMP Negeri 3 Galesong Utara, berdasarkan surat yang ditandatangani oleh kepala sekolah yaitu :
a)      Pembinaan administrasi
1.      Penyempurnaan adminstrasi sekolah
b)      Kebersihan dan lingkungan hidup
1.      Pengadaan tempat sampah
2.      Pembersihan mushollah sekolah
c)      Pendidikan dan se budaya
1.      PPL setiap hari senin s/d hari sabtu
2.      Pelatihan dasar kepemimpinan siswa (LDKS)
3.      Pelatihan tari
4.      Pelatihan vocal group (upacara bendera)
5.      Pembentukan pengurus osis
6.      Pelatihan membaca
7.      Persami (perkemahan sabtu minggu)
8.      Perlombaan antar kelas
d)     Sarana dan prasarana
1.      Pembuatan papan nama penunjuk sekolah
2.      Pembuatan mading sekolah dan papan pengumuman
3.      Pembuatan stuktur organisasi sekolah
4.      Pengecetan dinding sekolah
5.      Pembuatan lapangan taqrow
6.      Pembuatan lapangan futsal

2.      Target minimal yang akan dicapai masing-masing bidang
     Dari semua program kerja yang ada dicantumkan kami dari KKN PPL Terpadu UNM Angkatan IX menargetkan pencapaiaan akhir 100% tuntas.















BAB III
PELAKSANAAN PROGRAM DAN HASIL
A.    Hasil Pelaksanaan Program pada masing-masing kegiatan
No.
Program kerja
Waktu
Jumlah mahasiswa yang terlibat
Anggaran  yang digunakan
Keterangan
1.
Pembinaan Administrasi Sekolah

a.       Penyempurnaan administrasi sekolah
36 Hari
7 Orang
-
Tuntas
2.
Kebersihan dan Lingkungan Hidup

a.       Pengadaan tempat sampah
14 Hari
11 Orang
Rp. 200.000,-
Tuntas

b.      Pembersihan mushollah sekolah
21 Hari
11 Orang
-
Tuntas
3.
Pendidikan dan Budaya

a.       PPL setiap hari senin-sabtu
78 Hari
11 Orang
-
Tuntas

b.      Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS)
2 Hari
11 Orang
Rp. 50.000,-
Tuntas

c.       Pelatihan tari
49 hari
2  Orang
-
Tuntas

d.      Pelatihan vocal group (upacara bendera)
14 hari
3 orang
-
Tuntas

e.       Pembentukan pengurus osis
1 Hari
11 Orang
-
Tuntas

f.       Pelatihan membaca
30 Hari
11 Orang
-
Tuntas

g.      Persami (perkemahan sabtu minggu)
2 Hari
11 Orang
-
Tuntas

h.      Perlombaan antara kelas (porseni)
1)      Futsal
2)      Baca al-qur’an
3)      Puisi


14 Hari
1 Hari
1 Hari


5 Orang
11 Orang
11 Orang


Rp. 500.000,-
Rp. 150.000,-
Rp. 150.000,-


Tuntas
Tuntas
Tuntas
3.
Sarana Prasarana

a.       Pembuatan papan nama penunjuk sekolah
5 Hari
11 Orang
Rp. 150.000,-
Tuntas

b.      Pembuatan mading sekolah dan papan pengumuman
9 Hari
11 Orang
Rp. 300.000,-
Tuntas

c.       Perbaikan struktur organisasi sekolah
1 Hari
5 Orang
Rp. 30.000,-
Tuntas

d.      Pengecetan dinding sekolah
7 Hari
4 Orang
-
Tuntas

e.       Pembuatan lapangan taqrow
2 Hari
11 Orang
Rp. 30.000,-
Tuntas

f.       Pembuatan lapangan futsal
2 Hari
11 Orang
Rp. 30.000,-
Tuntas

B.     Faktor pendukung dan penghambat
1.      Faktor pendukung
      Adapun faktor pendukung dalam pelaksanaan program kerja KKN-PPL Terpadu Angkatan IX UNM di SMP Negeri 3 Galut adalah :
a.       Kepala sekolah
       Partisipasi kepala sekolah yang sangat begitu besar dalam setiap program kerja mahasiswa KKN PPL Terpadu UNM  Angkatan IX baik berupa motivasi dan bimbingan merupakan faktor pendukung yang sangat berharga yang membuat kami terpacu untuk menyelesaikan  Program Kerja yang telah disusun dan disepakati sehingga dapat terselesaikan dengan baik dan tepat waktu.
b.      Guru
      Partisipasi guru yang begitu besar dalam melaksanakan program kerja sangatlah membantu kami dalam menyelesaikan program kerja yang disepakati. Dalam pelaksanaan setiap program kerja guru senantiasa membimbing dan mengarahkan serta memberikan masukan dalam pelaksanaan program kerja.
c.       Mahasiswa
      Partisipasi dari peserta KKN-PPL Terpadu Angkatan IX tidak kalah besarnya dalam setiap kegiatan pelaksanaan program kerja. Masukan dan sumbangsi dari peserta KKN-PPL Terpadu begitu besar dan semua itu dibangun dari kerja sama dan kekompakan antara setiap peserta sehingga program kerja KKN-PPL Terpadu UNM Angkatan 9 di SMP Negeri 3 Galut  selesai dengan tepat waktu.
2.      Faktor penghambat
        Adapun faktor penghambat dalam pelaksanaan program kerja KKN-PPL Terpadu Angkatan IX adalah :
a.       Kurangnya partisipasi dari peserta didik dalam pelaksanaan program kerja.
b.      kurangnya dana yang terkumpul.

C.     Masalah dan alternatif pemecahan masalah
                  Dalam menjalankan setiap pekerjaan, kita selalu dihadapkan pada masalah. Begitu pula dengan pelaksanaan KKN PPL Terpadu UNM Angkatan IX di SMP Negeri 3 galut, kami dihadapkan pada masalah internal. Adapun masalah internalnya yaitu peserta didik yang ada di SMP Negeri 3 Galut bandel dan tidak mau mendengar, namun tidak membuat kami untuk menyerah dalam menghadapi siswa, justru membuat kami tertantang untuk menghadapinya. Oleh karena itu, sebagai calon pendidik kita harus mampu mencari solusi dari masalah yang dihadapi sekolah dan dijadikan motivasi untuk menjadi pribadi yang mampu memahami segala sesuatu/ fenomena yang ada disekitar kita. Dari masalah tersebut dapat tarik pelajaran bahwa dalam menghadapi peserta didik kita harus bersabar dan hanya dengan sabar insya allah masalah akan selesai. 

D.    Pembahasan masalah program kerja dan hasil yang di capai secara analisis
1.      PPL setiap hari senin-sabtu
           PPL merupakan  kegiatan yang pertama kami lakukan di SMP Negeri 3 Galesong Utara. PPL ini dimulai pada tanggal 15 Agustus – 12 oktober 2014 dengan jumlah mahasiswa yaitu 11 orang, dimana terbagi atas 3 jurusan yaitu administrasi pendidikan 3 orang, pendidikan sendratasik 5 orang, dan pendidikan ekonomi 3 orang. Untuk administrasi pendidikan ditempatkan pada bagian tata usaha, pendidikan sendratasik ditempatkan pada bagian mengajar mata pelajaran seni budaya yang dibagi menurut kelas oleh guru pamong dan pendidikan ekonomi ditempatkan pada bagian mengajar mata pelajaran IPS Terpadu yang dibagi menurut kelas oleh guru pamong. Alhamdulillah PPL ini berjalan dengan lancar sesuai dengan yang ditargetkan.
2.      Pelatihan tari
           Pelatihan tari merupakan program kerja yang kedua kami jalankan. Pelatihan tari dilaksankan pada tanggal  18 agustus – 31 oktober 2014 selama 75 hari. Jumlah mahasiswa yang terlibat yaitu 2 orang.  Alhamdulillah program kerja berjalan lancar sesuai dengan yang diharapakan. Pelatihan tari dilaksanakan dengan maksud untuk membentuk peserta didik untuk selalu mencintai budaya Indonesia khususnya Sulawesi selatan dalam hal tari. Oleh karena itu, dengan adanya pelatihan tari ini dapat memberikan dampak positif kepada sekolah kedepannya.
3.      Pembersihan mushollah sekolah
           Program kerja yang ketiga kami laksanakan yaitu pembersihan mushollah sekolah. Jumlah mahasiswa yang terlibat yaitu 11 orang. Pembersihan mushollah sekolah dilaksanakan pada tangal 19 agustus – 15 september 2014. Kami hanya membawa sapu lidi, sapu ijuk,  tempat sampah dan kain untuk dijadikan lap. Pembersihan mushollah sekolah dilakukan selama 1 bulan yaitu 1 kali dalam satu minggu. Alhamdulillah program ini berjalan lancar sesuai dengan target.  Kami lakukan ini untuk menyadarkan warga sekolah agar selalu mencintai kebersihan.
4.      Penyempurnaan administrasi sekolah
           Program kerja yang keempat kami laksanakan yaitu penyempurnaan administrasi sekolah. Penyempurnaan administrasi sekolah dilaksanakan pada tanggal 1 september – 31 november 2014 selama 61 hari. Jumlah mahasiswa yang terlibat yaitu 3 orang. Alhamdulillah program ini berjalan dengan lancar sesuai dengan yang diharapkan, meskipun didalam menjalankan terdapat hambatan tapi tidak membuat kami menyerah. Program ini dilakukan untuk menata dan memperbaiki sistem pengadministrasi yang di SMP Negeri 3 Galesong Utara. 
5.      Perbaikan struktur organisasi sekolah
           Program kerja yang kelima kami jalankan yaitu perbaikan struktur organisasi sekolah. Perbaikan struktur organisasi sekolah dilaksanakan pada tanggal 6 september 2014 selama 1 hari dan jumlah anggaran yang digunakan yaitu Rp. 30.000,-. Jumlah mahasiswa yang terlibat yaitu 5 orang dan program ini berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan yang diharapkan.
6.      Pengadaan tempat sampah
           Program kerja yang keenam kami laksanakan yaitu pengadaan tempat sampah. Pengadaan tempat sampah dilaksanakan pada tanggal 15 September – 13 oktober 2014 selama 1 bulan, dengan jumlah mahasiswa yang terlibat yaitu 11 orang. Jumlah anggaran yang digunakan yaitu Rp. 200.000,- . Alhamdulillah program kerja ini berjalan sesuai dengan yang diharapakan. Pengadaan tempat sampah dilakukan untuk menyadarkan kepada warga sekolah betapa pentingnya menjaga keberisihan baik didalam lingkungan sekolah maupun diluar sekolah.
7.      Pembuatan mading sekolah dan papan pengumuman
           Program kerja yang ketujuh kami jalankan yaitu pembuatan mading sekolah. Pembuatan mading sekolah dilaksankan pada tanggal 16 – 24 september 2014 selama 9 hari dengan anggaran yang digunakan yaitu Rp.300.000,-. Jumlah mahasiswa terlibat yaitu 11 orang dan alhamdulillah pembuatan mading selesai sesuai dengan yang diharapkan.
8.      Pelatihan vokal group (upacara bendera)
           Program kerja yang kedelapan kami jalankan yaitu pelatihan vokal group yang dirangkaikan dengan latihan upacara bendera. Latihan vocal group dan upacara bendera dilaksankan pada tanggal 15 september – 1 november 2014, dimana dilakukan 2 kali dalam satu minggu yaitu sabtu dan minggu sore. Jumlah mahasiswa yang terlibat yaitu 2 orang dan Alhamdulillah program ini berjalan dengan baik dan lancar, meskipun terkendala dari peserta yaitu sebagian peserta didik yang tidak datang pada saat latihan.
9.      Pelatihan membaca
           Program kerja yang kesembilan kami jalankan adalah pelatihan membaca yang dilaksanakan pada tanggal 16 september- 15 oktober 2014 selama 30 hari. Jumlah mahasiswa yang terlibat yaitu 11 orang dan jumlah peserta didik yang terlibat yaitu 9 orang. Alhamdulillah program kerja ini berjalan lancar meskipun terkendala pada peserta didik yang tidak mau mendengar.

10.  Persami (perkemahan sabtu minggu)
           Program kerja yang kesepuluh kami jalankan adalah persami yang dilaksanakan pada tanggal 20-21 september 2014 selama 2 hari. Jumlah mahasiswa yaitu 11 orang dan jumlah peserta didik yang terlibat yaitu ± 70 siswa. Alhamdulillah program kerja ini berjalan lancar sesuai dengan yang ditargetkan.
11.  Pembuatan lapangan taqrow
           Program kerja yang kesebelas kami jalankan adalah pembuatan lapangan taqrow yang dilaksanakan pada tanggal 21-22 september 2014 selama 2 hari, dengan anggaran yang digunakan yaitu Rp. 30.000,-. Jumlah mahasiswa yang terlibat yaitu 11 orang dan Alhamdulillah program ini berjalan lancar sesuai dengan target.
12.  Pengecetan dinding sekolah
           Program kerja yang keduabelas kami jalankan yaitu pengecetan dinding sekolah. Pengecetan dinding sekolah dilaksanakan pada tanggal 22-28 september 2014, dengan jumlah mahasiswa yang terlibat 5 orang yang dilakukan selama 7 hari. Anggaran yang digunakan pada program ini disediakan sekolah, kami hanya menyumbang tenaga kami. Pengecetan dinding sekolah dilakukan untuk mempercantik dan memperindah bangunan sekolah, agar peserta didik lebih termotivasi untuk rajin sekolah. Alhamdulillah program kerja ini berjalan dengan baik dan tuntas sesuai dengan yang diharapkan.     
13.  Pembentukan pengurus osis
           Program kerja yang ketigabelas kami jalankan adalah pembentukan pengurus osis yang dilaksanakan pada tanggal 27 september 2014 selama 1 hari. Jumlah mahasiswa yang terlibat yaitu 11 orang dan Alhamdulillah pembentukan pengurus osis berjalan lancar dan sesuai dengan rencana yang ditargetkan.
14.  Pembuatan papan nama penunjuk sekolah
           Program kerja yang keempabelas kami jalankan adalah pembuatan papan nama penunjuk sekolah yang dilaksanakan pada tanggal 6-10 oktober  2014 selama 5 hari, dengan anggaran yang digunakan Rp. 150.000,-. Jumlah mahasiswa yang terlibat adalah 11 orang dan Alhamdulillah pembuatan papan nama penunjuk sekolah berjalan lancar dan selesai dengan tepat waktu.
15.  Pembuatan lapangan bola
           Program kerja yang kelimabelas belas kami jalankan adalah pembuatan lapangan bola yang dilaksanakan pada tanggal 18-19 oktober 2014 selama 2 hari dengan anggaran yang digunakan yaitu Rp. 30.000,-. Jumlah mahasiswa yang terlibat yaitu 5 orang dan Alhamdulillah program ini berjalan dengan baik.
16.  Perlombaan antara kelas (porseni)
           Program kerja yang keenambelas yang kami jalankan adalah perlombaan antara kelas (porseni) yang dilaksanakan pada tanggal 20 oktober-1 november 2014 selama 13 hari, dengan anggaran yang digunakan yaitu Rp. 550.000,-. Adapun perlombaan yang kami adakan adalah futsal tanggal 20 oktober – 1 november 2014, baca al-qur’an tanggal 28 oktober 2014, dan baba puisi tanggal 29 oktober 2014. Jumlah mahasiswa yang terlibat yaitu 11 orang dan Alhamdulillah berjalan lancar dann sesuai dengan yang direncanakan. Program kami lakukan untuk menjalin hubungan yang baik antara siswa dengan siswa dan membentuk peserta didik yang selalu mengedepankan pada kerja sama.
17.  LDKS (latihan dasar kepemimpinan siswa)
           Program kerja yang ketujuhbelas kami jalankan adalah laihan dasar kepemimpinan siswa yang dilaksanakan pada tanggal 24-25 oktober 2014 selama 2 hari. Jumlah mahasiswa yang terlibat yaitu 11 orang dan peserta didik yang terlibat yaitu ± 65 siswa. Alhamdulillah program kerja ini berjalan lancar sesuai dengan yang direncanakan. Latihan dasar kepemimpinan siswa kami laksanakan untuk membentuk  karakter siswa sebagai seorang pemimpin yang bertanggungjawab.













BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN

A.        Kesimpulan
Berdasarkan pada pembahasan sebelumnya, maka dapat kami mengambil kesimpulan mengenai pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan Universitas Negeri Makassar Angkatan IX adalah sebagai berikut :
1.      Program Pengalaman Lapangan (PPL) dilakukan sesuai dengan keahlian oleh peserta PPL, dimana administrasi pendidikan ditempatkan pada bagian tata usaha dalam menangani pengadministrasian sekolah.
2.      Pelaksanaan program kerja yang kami laksankan di SMP Negeri 3 Galesong Utara semuanya berjalan lancar dan sesuai dengan target yang ingin dicapai yaitu 99 % ketuntasan.
3.      Pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL) oleh mahasiswa berjalan dengan baik dan lancar.

B.        Saran-saran
Dalam pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL) Terpadu Universitas Negeri Makassar Angkatan IX Tahun 2014, banyak hal yang kami temukan dan rasakan, maka dari itu sebagai sumbangsi pemikiran untuk kedepannya maka saran yang sempat kami berikan adalah sebagai berikut:
1.      Kepada pihak universitas sebagai penanggungjawab pelaksana agar dapat menerapkan sistem pelaksanaan KKN-PPL Terpadu yang benar-benar mengenai sasaran, sesuai latar belakang pendidikan masing-masing peserta KKN-PPL Terpadu.
2.      Kepada UPT-PPL sebagai pihak yang penanggungjawab kedua dalam pembagian lokasi pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL) Terpadu Universitas Negeri Makassar Angkatan IX benar-benar merata, karena ada sebagian instansi/sekolah yang mengeluh karena pembagian peserta yang tidak merata atau ada penumpukan program studi dalam instansi/sekolah.
3.      Mahasiswa Program Pengalaman Lapangan (PPL) Terpadu Universitas Negeri Makassar Ankatan IX diharapkan untuk memperhatikan sasaran kegiatannya yang lebih tepat  serta dapat menerapkan pengetahuannya sesuai dengan disiplin ilmunya masing-masing.
4.      Ilmu yang didapatkan dari kampus selama perkuliahan agar benar-benar diterapkan dalam kegiatan Program Pengalaman Lapangan (PPL).





Tidak ada komentar:

Posting Komentar