Posisi
tari Indonesia di forum dunia dapat dilihat dari tulisan para praktisi tari
terkemuka new york yang serimh disebut
sebagi kota tari dunia masa kini,tentang penampilan seniman-seniman kita selama
dua tahun terakhir.
Deborah jowit dimedia yang sama ,2 april 1991 menyanjung suguhan tari aceh dan minangkabau dari rombongan kias. jowis menilai karya-karya gosmiati suid yang digarap berdasar atas gerak pencak silat minangkabau sebagai contoh keberhasilan garapan tari indigeneus , asli yang sekaligus toh modern. Apa yang dibutuhkan oleh gusmiati suid dari kontaknya dengan bentuk tarian diluar tradisi minang adalah cara mengatur sebuah ensambel: bagaimana menata counterpoin dan desain-desain yang meruang sifatnya. Juga menjajarkan sekelompok penari yang tak bergerak dengan kelompok lain yang melintas ruang.tetapi perbendaharaan gerak yang dipakainya hamper seluruhnya digali dari pecak silat minang dan bentuk-bentuk local lainnya.
Deborah jowit dimedia yang sama ,2 april 1991 menyanjung suguhan tari aceh dan minangkabau dari rombongan kias. jowis menilai karya-karya gosmiati suid yang digarap berdasar atas gerak pencak silat minangkabau sebagai contoh keberhasilan garapan tari indigeneus , asli yang sekaligus toh modern. Apa yang dibutuhkan oleh gusmiati suid dari kontaknya dengan bentuk tarian diluar tradisi minang adalah cara mengatur sebuah ensambel: bagaimana menata counterpoin dan desain-desain yang meruang sifatnya. Juga menjajarkan sekelompok penari yang tak bergerak dengan kelompok lain yang melintas ruang.tetapi perbendaharaan gerak yang dipakainya hamper seluruhnya digali dari pecak silat minang dan bentuk-bentuk local lainnya.
Deretan
nama penari dan piñata tari Indonesia yang sukses diforum dunia masih dapat
direntangkan panjang.pengiriman rombonga tari dari nusantara ke luar negeri
bukan hanya terjadi kini,bahkan sejak seabad lampau. Namun, bila dijaman
colonial para penari lebih sebagai barang “eksotik” atau sarana promosi mereka
kini aktif sebagai pribadi seniman kreatif. Jejak panjang terbentang meliku
diblakang mereka.
Rumit
berliku
Rombongan tari ‘indonesia’ pertama yang tampil diforum
dunia sangat boleh jadi adalah rombongan pemusik dan penari jawa yang dikirim
oleh pemerintah hindia belanda ke Chicago world’s fair(Columbian exposition),
1893. Exposisi yang diselenggarakan dalam rangaka konferensi antara agama
sedunia untuk meningkatkan kesadaran masyarakan amerika terhadap kepercayaan
dan filsafat oriental itu menampilkan sebuah tiruan ‘desa jawa’ lengkap dengan seperangkat
gamelan dan tarian srimpi,selain juga menampilkan opera piking ,”rumah teh” dan
music dari jepang,pemain sitar dari india serta tarian-tarian dan music rakyat
dari lautan selatan ,Algeria , mesir, Tunisia, turki dan syiria. Diduga dibalik
“pemeran kebudayaan” tersebut terselip pesan dagang untuk mempromosikan hasil
perkebunan hindia-belanda, terutama kopi jawa. Itulah sebabnya hingga kini
dibeberapa tempat diamerika,kata java
berarti kopi.
Diawal
kemerdekaan , posisi seniman tari Indonesia diforum dunia membalik. Mereka tak
hanya main lagi diforum “pasar malam,” tapi naik kepentas professional.ini
dibuktikan oleh rombongan tari bali pimpinan john coast (1952) yang tampil
dilondon dan broadway, new York. Saying tradisi ini tak berlanjut.
Semasa
orde lama,pengiriman rombongan tari diluar negeri hampir seluruhnya diprakarsai
oleh pemerintah untuk tujuan politik: menjalin pershabatan atau untuk promosi
dagang.program “variety show” ditata
untuk mencerminkan kebhinekaan kita dengan slogan “dari sabang sampai merauke”.
Pada akhir tahun 1950-an Indonesia mulai mendapatkan perhatian dari
yayasan-yayasan asing dibidang budaya seperti ford dan Rockefeller yang dengan
bantuannya mempengaruhi perkembangan tari kita. Di tahun 1957,dua penari muda
bagong dan wisnu wardana mendapat biasiswa untuk belajar menari sepanjang musim
panas diskolah studio Martha graham di amerika serikat
Angin
baru tim
Angin baru berhembus saat pusat kesenian Jakarta
“taman ismail marzuki” (TIM) berdiri tahun 1968. Hadirnya berbagai pertunjukan
dunia di TIM memungkin khalayak tari yang yang lebih luas berinteraksi.
Pertemuan antara seniman-seniman tari dengan berbagai latar budaya,workshop tari antara penari kita dengan piñata tari dari luar negeri
memacu pertumbuhan dan mendewasakan citra tari Indonesia di forum dunia. Di
TIM, bukan hanya tari jawa, bali, dan sunda, tetapi juga tarian-tarian minangkabau,
aceh, dan melayu mendapat kesmpatan untuk berkembang.
Tahun
1974, didukung oleh 33 penari dan pemusik jawa dan bali,sardono membawa dongeng dari dirah sebulan main di
gaite lyrique, paris dan sebulan berkeliling ke belanda, italia, Denmark,
swiss, dan iran. Puja puji terus mengalir bagi sardono. Ia disebut penari
kontemporer yang telah menemukan bahasa geraknya sendiri sejajar degna Martha
graham dan Maurice bejart. Karya dinilai sebagai sintesa antara sebuah
peradaban (Indonesia) dengan kepribadian yang kuat dan kebebasan yang menjadi
cirri dari teater barat. Di italia ide-ide sardono bahkan dibandingkan dengan
ide-ide sutradara film terkenal fellini. Dalam kesempatan ini pulalah sardono
bertemu tokoh-tokoh teater experimental peter brook dari perancis dan eugenio
barba dari italia/Denmark.
Dengan
sukses besar itulah, eropa terbuka lebar bagi sardono. Tahun 1976 ia tampil
difetival metamusik jerman, dan festival seni Persepolis, iran. Akhir-akhir ini
sardono mulai memasuki festival seni di Asia: hongkong (1988) dan singapura
(1988).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar